logo

Pesona

Pesona

Oleh: Aliya Nurlela

Tahukah? Jika ada yang bilang, "di mata Bu Aliya, Najla tidak se-memesona Jun!"
Apa Anda tahu? Najla lahir dalam kondisi sehat dan cukup bulan. Sementara, Jun lahir kondisi prematur. Najla tumbuh sehat dan normal sejak kecil. Sementara, Jun sakit-sakitan. Umur 40 hari sudah masuk rumah sakit. Kaki dan tangannya belum bisa bergerak normal di umur 2 bulan. Pernah masuk rumah sakit lagi di umur 7 bulan karena keracunan obat. Masuk rumah sakit lagi saat usia SD karena demam berdarah hingga tubuhnya menggelembung berisi cairan. Berulangkali keluar-masuk tempat periksa dokter spesialis karena sakit sesak napas yang dideritanya.

Nilai akademik Najla selalu baik sejak di sekolah dasar. Sering menang lomba, baik di sekolah, tingkat kecamatan, atau di luar sekolah. Sementara, Jun nilai akademiknya biasa-biasa, bahkan pernah bernilai di bawah rata-rata.

Sejak kecil, Najla sudah bisa merangkai kata secara tersusun baik. Menang lomba menulis di majalah sewaktu kelas 2 SD, terpilih sebagai penulis berbakat tingkat SLTP/SLTA se-kabupaten sewaktu MTs, berhasil nerbitkan novel, jadi penulis lepas, jadi editor naskah dan kemampuan mengelola website. Sementara Jun? Belum satu buku pun yang dihasilkan. Tapi saya tidak menuntut Jun untuk jadi penulis, sebab potensi tiap orang itu berbeda. Saya biarkan Jun berkembang di bidang yang disukainya.

Jadi kalau menakar pesona, bukankah seharusnya Najla yang lebih memesona di mata saya? Karena Najla memiliki banyak kelebihan. Tapi kenapa saya lebih sering posting foto Jun? Karena semua terlepas dari soal pesona. Kedua anak saya itu memesona! Saya tidak membeda-bedakan keduanya, baik dari segi wajah dan prestasi. Karena memang sudah berbeda. Satu lelaki dan satunya perempuan.

Saya dan Najla justru bekerjasama jadi pencuri foto-foto Jun dalam rangka mengangkat rasa percaya diri Jun. Agar Jun mau terbuka ke publik, tidak selalu sembunyi di balik layar. Seolah-olah saya dan Najla fans beratnya Jun! Tidak masalah, memang Jun adalah adik kesayangan Najla yang selalu jadi korban 'gemes-gemes' Najla di rumah. Bahkan saking sayangnya sama Jun, Najla selalu menyarankan Jun memakai berbagai alat kosmetik pria dan membuatkan minuman herbal untuk Jun.

Jadi, jangan men-judge kalau tidak tahu sejarahnya! 

#StatusJeda