logo

Apresiasi Positif dari Teman-teman Masa SMA

Apresiasi Positif dari Teman-teman Masa SMA

Oleh: Aliya Nurlela

Sebut saja, ada; Ros, Tina, Tya, Evie, Eka, Rika, Nia, Resmiati, Dini dan Mary. Ada 10 orang teman perempuan di masa SMA yang selalu saling memberikan dukungan terhadap karya, pekerjaan dan mendoakan kesembuhan. Meskipun, berasal dari kelas dan jurusan yang berbeda, tapi dukungan dan apresiasi positif menyatukan kami.

Ke sepuluh teman ini, sekarang memiliki profesi yang beragam dan tinggal di tempat yang berjauhan. Ada yang di Ciamis, Tasikmalaya, Pandeglang, Bandung, Sorong,  termasuk yang di Saudi Arabia. Namun, jarak tidak menjauhkan, justru di era digital ini, jarak malah mendekatkan. Kami jadi intens berkomunikasi dan berdiskusi positif. Saling support, saling bercerita dan saling menyumbang semangat. Terasa sekali pertemanan yang hangat, akrab dan jauh dari hal-hal yang bersifat negatif. Seperti, iri dengan keberhasilan teman, bersaing, menjegal, ikut campur urusan pribadi, bersikap julid dan lain sebagainya yang sifatnya negatif. Alhamdulillah, hingga saat ini, semuanya sehati. Fokus dan serius pada profesi dan keluarga masing-masing, tanpa bersikap tinggi hati dan merasa lebih baik dari teman yang lainnya.

Alhamdulillah, mereka tipe teman-teman yang bergaya hidup sederhana dan apa adanya. Meskipun mereka mampu bergaya bak kaum sosialita yang tajir melintir. Mereka mampu untuk saling bersaing, saling menjatuhkan, saling melemahkan semangat. Tapi, untuk apa hidup ini, kalau bersikap arogan terhadap teman? Tidak ada yang indah. Sikap-sikap buruk seperti itu, justru menjauhkan tali pertemanan, menimbulkan perpecahan dan menandakan hidupnya tidak bahagia. Sementara, kami adalah orang-orang yang bahagia (bersyukur).

Masa SMA adalah masa yang paling indah. Indah dijalani dan indah untuk dikenang. Tentu, masa itu akan semakin indah jika dikenang bersama teman-teman yang selalu berpikir positif, selalu memberikan apresiasi atas karya dan saling menimba ilmu serta pengalaman. Saya memiliki cerita dengan masing-masing teman ini, baik di masa SMA maupun sekarang. Seru, lucu, dan mengasyikan. Cerita kita para Alumni SMAN 3 Ciamis (SMANTIC 93). 😍

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada 10 teman saya atas dukungan, motivasi dan apresiasi karya. Semoga suatu saat kita dipertemukan bersama, kumpul bersama, reuni bersama di dunia nyata dalam pertemuan yang penuh kehangatan dan berkualitas. Aamiin. Tetap semangat dan tetap tersenyum. 😍😍💪💪
Foto: 10 teman perempuan di masa SMA

#StatusJeda
#SMANTIC93
#dirumahaja