logo

MODE TAHUN 90-AN

MODE TAHUN 90-AN

Oleh: Aliya Nurlela

Saya menampilkan foto ini, hanya ingin membahas soal mode  tahun 90-an. Jangan sensi. 

Foto berbaju putih itu saya, saat usia baru menginjak 15 tahun. Foto diambil di Batu Hiu, Pangandaran. Foto berbaju merah, itu Nike Ardilla saat syuting video klip "Seberkas Sinar" di Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung. Saya dan Nike lahir di tahun yang sama, sama-sama orang Sunda, sama-sama berdarah Ciamis. Tumbuh sebagai remaja yang suka bersapen (sahabat pena). Saya awalnya mengenal nama Nike, berkat majalah yang memberikan ruang sahabat pena. Saat itu, nama Nike masih Nike Astrina. Belum terkenal sebagai penyanyi, belum mengeluarkan album. Tetapi saya tidak mengenal Nike di dunia nyata, karena Nike tinggal di Bandung. Meskipun Nike sering mudik ke Ciamis, tepatnya di daerah Cikoneng, tapi saya tidak pernah bertemu. Sekalipun, saudara sepupu Nike satu angkatan di SMA dengan saya. Tapi saya tidak pernah titip minta tanda tangan. 🤭 Cukup mengagumi dari kejauhan saja.

Kembali ke soal mode. Bisa dilihat sedikit persamaan mode yang sedang trend saat itu. Rambut ala singa jabrig 😂 Celana kulot, anting gede dan sepatu pantopel. Benar-benar mode hits zaman itu. Waktu itu, saya masih kelas 3 SMP (MTs).

Mungkin bisa dibilang 'Kormod' alias korban mode. Ah, entahlah! Yang jelas sebagai anak muda, saya selalu ikut perkembangan mode dan seni. Meskipun lahir dan tumbuh di lingkungan yang agamis, serta didikan orangtua yang agamis, tapi begitulah hidup. Ada proses yang harus dijalani. Tidak serta merta setiap orang menerima hal baik dan menjalankannya. Ada liku-liku yang harus dilalui, sesuai tingkat berpikir pada masa itu. Siapapun tidak bisa menghakimi masa lalu seseorang.

Nike adalah inspirasi perkembangan mode dari tahun ke tahun di tahun 90-an. Sampai saya SMA pun, sedikitnya masih tertular mode  Nike Ardilla lengkap dengan gaya berbusana dan sepatu. Nike telah menjadi inspirasi anak muda zaman itu. 

Sekarang, Nike telah tiada. Namun suara emasnya, kiprahnya di blantika musik Indonesia, kiprahnya di dunia per-film-an dan inspirasi mode yang ditinggalkannya, terkenang hingga saat ini. 

Tahun 2015, dalam perjalanan mudik, saya pernah mampir ke makam Nike Ardilla di Cikoneng, Ciamis. Di sebelah area makam, berdiri kokoh masjid "Nurul Ardilah." Semoga Nike mendapat tempat yang baik di sisi-Nya. Alfatihah untuk Nike. 🤲😍❤️

#StatusJeda
#MemoarAliya