logo

Novel "Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh" dan "Senyum Gadis Bell's palsy" jadi Bahan Kajian

Novel "Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh" dan "Senyum Gadis Bell's palsy" jadi Bahan Kajian

Saya bangga dan terharu dengan datangnya kiriman Tesis dari Muhammad Dioka Akbar (Oka), Garut. Oka telah berhasil meraih gelar magister dari Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pendidikan Indonesia. Yang membanggakan, Oka mengkaji dua novel saya sebagai bahan penelitian yaitu novel "Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh" dan "Senyum Gadis Bell's palsy". Judul tesisnya: Citra Perempuan Sunda dalam Sudut Pandang Feminisme pada Novel Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh dan Senyum Gadis Bell's palsy Karya Aliya Nurlela (Upaya Mencari Bahan Ajar Menikmati Sastra di SMA).

Sebelumnya, Oka telah lulus S1 tahun 2016 dari STKIP Garut dengan skripsi yang mengkaji novel saya "Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh." Skripsinya berjudul: Analisis Struktur dan Nilai Budaya pada Novel Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh karya Aliya Nurlela (Sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA).

Saya tidak pernah meminta Oka untuk menjadikan novel saya sebagai bahan kajian. Oka yang waktu itu tiba-tiba kirim pesan untuk membeli novel saya. Berapa waktu kemudian, Oka menyampaikan niatnya untuk menjadikan novel saya sebagai bahan kajian skripsinya. Sedikit diskusi daring pun, dilakukan. Hingga, akhirnya Oka berhasil menyelesaikan skripsinya. Alhamdulillah, saya ikut senang. Begitu pun ketika Oka menempuh pendidikan S2, atas keinginan Oka sendiri menjadikan novel saya sebagai bahan kajian. Saya tidak ikut membimbing, karena bukan pembimbing mahasiswa 🤭 Posisi saya hanya sebagai penulis novel, yang alhamdulillah novel saya mendapat apresiasi.

Sampai sekarang, saya belum sekalipun bertatap muka dengan Oka. Alhamdulillah, media komunikasi sekarang sangat canggih, hingga tanpa perlu bertemu pun, dua karya hebat  (skripsi & tesis) bisa dihasilkan Oka. Tentu saja, hal ini memicu semangat saya untuk semakin belajar lebih baik agar menghasilkan karya yang lebih berkualitas yang layak sebagai bahan kajian.  

Terima kasih Oka atas apresiasi positifnya terhadap novel-novel saya. Semoga lancar rencana studi selanjutnya ke jenjang S3. Aamiin Yra. 💪😊👌

Foto: Dioka & Tesis

#StatusJeda
#InspirasiTanpaBatas